WAYANG TOPENG SONEYAN,BUDAYA ASLI PATI

 


PATI | Pertunjukan wayang Topeng di Dukuh Kedungpanjang Desa Soneyan kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati adalah seni pertunjukan drama tari dengan menggunakan topeng. Pertunjukan wayang Topeng digunakan untuk ritual bersih desa atau sedekah bumi. Pelestarian wayang topeng Soneyan di Desa Kedungpanjang dilakukan secara turun temurun. Dan upaya pelestarian Wayang Topeng  adalah tanggung jawab kita bersama. Hal itu disampaikan oleh Muntamah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati.


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati diharapkan untuk mendukung  setiap kegiatan pengembangan kebudayaan termasuk kesenian-kesenian yang ada di Kabupaten Pati. Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga meminta agar pemerintah terus mendorong ketiap kegiatan pengembangan kebudayaan. Salah satunya memberikan ruang untuk Wayang Topeng Soneyan mementaskan di berbagai kesempatan. Selain itu Muntamah juga mengingatkan tentang ancaman budaya asing yang kurang baik semakin deras masuk ke Tanah Air, terutama melalui media sosial.


Wayang Topeng Soneyan yang sudah diakui oleh UNESCO selaku badan pelestarian budaya dunia ini diharapkan akan mendapatkan apresiasi yang lebih dari Pemerintah. Dan selaku anggota komisi D, Muntamah ingin terus mendorong  Pemkab melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) terus mendukung setiap kegiatan pengembangan kebudayaan termasuk kesenian-kesenian termasuk Wayang Topeng Soneyan agar lebih terekspose danmembuat generasi muda yang lain tergerak untuk ikut mempelajari dan melestarikan budaya asli Pati tersebut.

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.