TINGKATKAN SDM DAN SDA KURANGI PENGANGGURAN TERBUKA

 


PATI| Tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Pati terhitung masih tinggi. Dan menjadi permasalahan bersama untuk Pemerintah Kabupaten menggeser dan menekan persentase pengangguran terbuka. Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Suyono, Pemkab harus turun tangan dan berperan aktif dalam permasalahan yang dibarengi dengan jumlah pencari kerja yang terus meningkat.

Pengangguran terbuka adalah mereka yang tidak mempunyai pekerjaan, mencari pekerjaan dan mempersiapkan usaha. Dan tercatat pada tahun 2022 angka pengangguran terbuka hanya menurun 0,15% dari tahun sebelumnya. Duduk di komisi C, Suryono mengatakan Pemerintah Kabupaten harus terlibat memberikan skill kewirausahaan bagi masyarakat agar lebih mandiri dan tidak bergantung dengan pekerjaan kantor. Dan yang tidak kalah penting adalah melibatkan investor dan dibarengi dengan peningkatan Sumber Daya Manusia serta menggandeng pihak-pihak swasta yang diharapkan mampu mendorong dan membentuk kemitraan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Praktisi politik dari PDI-P ini juga memohon Pemkab mendukung usaha kecil dan semoga geliat aktivitas perekonomian masyarakat dapat dioptimalkan sehingga penurunan angka pegangguran terbuka bisa dilaksanakan.

About Redaksi

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.